Berita Terkini

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Sepanjang 14,8 Km di Jawa Barat

SorotNegeri.com – Presiden Jokowi Baru-baru ini, Presiden Jokowi secara resmi meresmikan sebuah jalan tol dengan panjang 14,8 kilometer di wilayah Jawa Barat.

Peresmian ini berlangsung di depan Gerbang Tol Limo Utara pada Senin, 8 Januari 2024, dan turut dihadiri oleh Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, serta Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Jalan tol yang diresmikan ini adalah bagian dari Jalan Tol Pamulang – Cinere – Raya Bogor di Jawa Barat.

Proyek ini melibatkan investasi sebesar Rp4 triliun dan dioperasikan oleh dua badan usaha jalan tol, yaitu PT. Cinere Serpong Jaya dan PT Trans Lingkar Kita Jaya.

Dengan panjang 14,8 kilometer, Jalan Tol Pamulang – Cinere – Raya Bogor menjadi bagian integral dari Tol JORR 2, diharapkan dapat meningkatkan konektivitas di wilayah Jabodetabek.

Jalan tol ini diharapkan dapat membantu kelancaran mobilitas orang, barang, dan logistik, serta memudahkan akses bagi masyarakat di Jabodetabek.

Dengan adanya Jalan Tol Pamulang – Cinere – Raya Bogor, jaringan jalan tol di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) semakin terhubung dan lengkap.

“Hari ini saya meresmikan jalan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor yang merupakan bagian dari JORR 2,”

“Panjangnya 14,8 km dan dibangun dengan investasi sebesar Rp4 triliun,” tulis di akun Instagram @jokowi.

Kehadiran Jalan Tol Pamulang – Cinere – Raya Bogor diharapkan dapat menjadi alternatif yang lebih lancar bagi jalur transportasi. Jalan tol ini, yang merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR), telah digunakan oleh pemudik selama musim Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Proyek ini menelan biaya investasi sebesar Rp4 triliun. Presiden Jokowi menyatakan bahwa jalan tol tersebut akan melengkapi jaringan jalan tol di wilayah Jabodetabek.

Proses penyelesaian Jalan Tol Pamulang – Cinere – Raya Bogor tinggal beberapa kilometer, diharapkan dapat selesai pada kuartal II tahun 2024.

Operasional jalan tol di Jawa Barat ini diutamakan untuk masyarakat, terutama yang tinggal di Bogor, Cibubur, dan Tangerang. Jalan tol ini memiliki akses yang mencapai Bandara Soekarno-Hatta dan lokasi lain tanpa harus melalui pusat kota. Diharapkan, Jalan Tol Pamulang – Cinere – Raya Bogor dapat membantu kelancaran arus mudik saat perayaan Lebaran.

Tarif perjalanan dari Tol Jagorawi ke Bandara Soekarno-Hatta melalui Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor untuk kendaraan golongan I sebesar Rp63.000.

Dengan panjang mencapai 14,8 kilometer dan investasi mencapai Rp4 triliun, jalan tol ini diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat, terutama mengingat lalu lintas yang semakin padat di wilayah Jabodetabek.

Baca Juga : Lirik Lagu Bagimu Negeri: Memahami Lagu Nasional Indonesia

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari sorotnegeri.com. Untuk kerjasama lainnya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Related posts

Prabowo-Gibran: Pasangan Ideal di Mata Rakyat?

christine natalia

Tantangan Besar dan Asa Menuju Indonesia Emas 2045

admin

Kebijakan Terbaru Nadiem: Pramuka Bukan Lagi Ekstrakurikuler Wajib

admin

Leave a Comment